Monday, June 21, 2010

Fit and Proper 2010

Sekitar beberapa hari yang lalu, gue fit and proper BEM , yaitu wawancara buat masuk BEM gitu. Dahsyat loh ini wawancaranya, 1 vs 6 orang. Semuanya gantian nanya gitu ke kita, hebooh juga yah?hahahaa. Padahal waktu wawancara angkatan muda BEM dulu ga kayak gini, palingan yang ngewawancarain kita cuma tiga orang, terus satu ruangan yang masuk bisa sekitar 3 orang. Kalau yang sekarang satu-satu masuknya, bener2 satu orang ditandingi enam orang di senat,wakakaa.

Well, gue mau share tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan ke gue beserta insight2 yang gue dapatkan setelah wawancara. Gue ambil tiga pertanyaan yang paling gue suka,hehee. Silakan dibandingkan jawaban spontanitas gue waktu wawancara(a) dengan insight2 yang telah gue dapat setelahnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan sebaik mungkin dan sebenar-benarnya menurut pendapat gue(b).. hahahaa.

1. Bagi kamu, komitmen itu apa?
a. Sesuatu yang kita buat dengan sadar dan pikir panjang, tentunya semua itu harus dilakukan.
b. Komitmen itu layaknya pengikat buat kita yang membuat. Komitmen harus ditaati, harus dilakukan. Bisa dibilang komitmen seperti undang-undang juga, karena bisa direvisi. Direvisinya untuk membuat pembaharuan-pembaharuan dalam hidup kita, kalau komitmennya sudah tidak nyambung, yaa memang harus diperbaiki. Komitmen juga berarti sukacita. Sukacita yang saya maksud adalah kita yang sudah memegang teguh komitmen sampai akhir, pastilah mendapatkan apa yang namanya sukacita penuh, ya ga? Kita bahagia karena kita sudah melaksanakan apa yang telah kita buat sendiri untuk kebaikan kita sendiri maupun orang lain. Komitmen itu diperlukan dalam berbagai hubungan-hubungan, hubungan dengan Tuhan, diri sendiri, keluarga, teman-teman, atau pasangan kita. Komitmen membuat kita saling melekat satu sama lain.

2. Kamu ketua pelaksana satu acara. Tim kamu ada 17 orang, tapi 3 orang mundur dari acara yang kamu pegang. Tiga orang yang mundur itu sebenarnya pegang peranan penting. Kamu gimana?
a. Ya udah, gapapa. Yang penting masih ada anggota tim yang lain. Kita bisa pergunain SDM yang ada untuk mengganti posisi mereka yang hilang. Memang akan ada kemungkinan job tumpah tindih, tapi gapapa, yang penting maksimalin aja yang ada, yang udah pergi ya udah ga usah dipedulikan.
b. Seumpama gelas setengah isi dan setengah kosong. Mau lihat dari sisi yang mana? Kalau mau lihat setengah kosong, berarti kita ngelihat dari sisi tiga orang mundur dan punya posisi penting, kita kehilangan mereka, kita stuck, dan kita stress. Sebaliknya, melihat setengah isi, itu tandanya kita berpikir bahwa masih ada anggota-anggota lain yang masih bisa diberdayakan. Lewat masalah ini, kita diajarkan kerja sama tim, sama-sama saling membahu, sang leader bisa memimpin, mengkoordinir, dan memaksimalkan SDM yang ada. Saya rasa ini hanya masalah mau melihat dari kacamata positif atau negatif, kalau positif, pasti kita akan menemukan jalan keluar yang terbaik.

3. Kamu memilih untuk masuk bidang Pengabdian Masyarakat, namun kamu malah masuk di Pendidikan. Kamu gimana?
a. Sebenarnya saya sedikit keberatan dengan hal itu. Saya merasa ada passion di Pengabdian Masyarakat, ada baiknya saya masuk di mana passion saya berada. Itu akan jauh lebih maksimal dibandingkan saya masuk di bidang yang memang bukan passion saya.
b. Ketika saya tahu apa passion saya, saya akan memaksimalkan segala apa yang saya punya, baik itu tenaga, waktu, pikiran, hati, materi, dan lainnya. Sama halnya dengan bekerja atau pun memilih jurusan kuliah, itu bukan karena saya memilih sesuatu yang akan mencerahkan masa depan saya lewat materi yang melimpah nantinya atau hal apapun, tapi itu semua hanya karena saya mengikuti apa yang menjadi passion saya. Saya jauh lebih bahagia mengikuti passion saya dengan materi sedikit dari pada tidak mengikuti passion tapi materi melimpah. Memang terlihat klise, tapi ini pilihan hidup saya.


Bagaimana kawan? Cukup puas dengan jawaban gue? hahahaa

No comments:

Post a Comment

your comment makes me verry happy ! if you wanna exchange link or follow each other, you can link and follow me first, then you just tell me, and i'll link or follow yours. thanks all !